Maret 16, 2013

Artikel Tugas (Bahasa Indonesia 2)


Nama           :  Patrick Adam Agatha
Kelas            :  3KA 28
NPM           :   15110327

Android adalah Operasi  mobile yang sangat populer saat ini. Desain yang unik serta memiliki User Interface yang mudah digunakan dan dimengerti oleh yang gaptek teknologi sekalipun bisa menggunakannya,
Android ini bersifat Open Source atau terbuka. Android ini masi berkerabat dengan Linux.
dulu nya dibuat oleh suatu perusahaan yaitu Android.inc namun pada tahun 2005 Google datang dan mengakuisisi Android.inc. maka secara licensi sekarang di pegang oleh Google.inc


Pada perangkat
berbasis android memiliki konsep dengan hanya memiliki satu layar antarmuka
(Interface). Sebagai contoh ketika kita memulai menghidupkan Android akan
muncul layar Home dan bila kita membuka aplikasi maka UI (User Interface) akan
menumpuk dan jika kita membuka option pada aplikasi tersebut, maka UI (User
Interface) akan menimpa pada UI yang sudah kita buka sebelumnya.


Proses - proses yang
tadi direkam pada contoh di atas itu adalah dengan sistem Activity Manager. Setiap
User Interface diwakili dalam beberapa kelas Activity yang berfungsi untuk
memisahkan siklus sesuai dengan kontrol yang kita buat sesuai dengan fungsi
dari masing; masing kelas Activity yang kita gunakan



Bagian dari Android Application
Terdapat empat building blocks to an Android application:
 Activity
 Intent Receiver
 Service
 Content Provider

Penjelasannya sebagai berikut



1.  Activity
   Activity yaitu bagian dari sebuah aplikasi untuk berinteraksi 
   dengan pengguna (user). Setiap activity mempunyai sebuah
   user interface, contohnya pada saat kita   mendengarkan lagu 
   dengan music player dan dengan menmpilkan list lagu yang kita 
   dengarkan.


2. Service
   Service tidak mempunyai user interface, namun berjalan secara 
   background. Misalakan pada saat kita  mendengarkan lagu 
   dengan music player, kita masih bisa menjalankan aplikasi lainnya.


3.  Broadcast Receiver
   Pada bagian ini, digunakan untuk memberi isyarat dari sebuah 
   sistem Android. Misalnya, pemberitahua kalau baterai low dan 
   harus di charge.

4. Content Providers
    Dengan bagian ini, aplikasi lain dapat mengakses data kita agar 
   dapat disimpan pada aplikasi pihak ketiga. Pada contohnya, 
   ada sebuah aplikasi untuk memindahkan informasi kontak yang 
   kita miliki dan kita simpan pada aplikasi tersebuah sebagai media 
   backup kontak.

onCreate(Bundle)Dipanggil saat pertama kali aplikasi dijalankan. Kita dapat menggunakan ini untuk deklarasi variabel atau membuat user interface.
onStart()Mengindikasikan activity yang ditampilkan ke pengguna (user).
onResume()Dipanggil saat applikasi kita mulai berinteraksi dengan pengguna. Disini sangat cocok untuk meletakkan animasi ataupun musik.
onPause()Dipanggil saat applikasi yang Kita jalankan kembali ke halaman sebelumnya atau biasanya karena ada activity baru yang dijalankan. Disini cocok untuk meletakkan algoritma penyimpanan (save).
onStop()Diapnggil saat aplikasi Kita berjalan di belakang layar dalam waktu cukup lama.
onRestart()Activity kembali menampilkan user interface setelah status stop.
onDestroy()Dipanggil saat aplikasi benar-benar berhenti.
onSaveInstanceState(Bundle)Method ini mengijinkan activity untuk menyimpan setiap status intance. Misalnya dalam mengedit teks, kursor bergerak dari kiri ke kanan.
onRestoreInstanceState (Bundle)Diapanggil saat activity kembali meng-inisialisasi dari status sebelumnya yang disimpan oleh onSaveInstanceState(Bundle).



<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?><LinearLayoutxmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"android:orientation="vertical"android:layout_width="fill_parent"android:layout_height="fill_parent"><TextViewandroid:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content"android:text="Hello World"/></LinearLayout>



Source : 
~ Arif akbarul huda. 24 Jam Pintar Pemrograman Android. yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2012
http://www.android-indonesia.com/forum/developers/39287-ebook-android-bahasa-indonesia
http://andbook.anddev.org/files/andbook.pdf
http://www.academia.edu/1809022/Android_Programming_Modul_Indonesian_Language_





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host