Desember 04, 2010

Medal Of Honor (PC)

Medal of Honor, nama ini kembali mengingatkan saya pada judul game yang sama pada tahun 1999. eits...tunggu dulu, ini bukan Medal of Honor yang sama. MoH kali ini di make-over oleh EA-DICE dengan cerita yang baru. tidak lagi mengambil setting perang dunia ke-2, melainkan mengambil setting perang modern yang terjadi di Afghanistan...dan katanya nih, beberapa misi yang ada di campaign mode memang benar-benar terjadi di dunia aslinya.



pada mode single player, anda akan berperan sebagai salah satu operator dari Tier 1 yang bertugas di Afghanistan untuk melawan Taliban. Selama Campaign, Anda akan terlibat dalam tembak-menembak secara terbuka ataupun menyusup secara diam-diam ke perkemahan musuh. anda akan merasakan sensasi yang sangat nyata dalam perang, transisi antar misi juga dijelaskan secara logis. Misalnya, setelah berjuang melalui posisi artileri musuh, anda akan menghadapi serangan menakutkan yang mengancam skuad anda, namun akhirnya ada penyelamat yang nantinya di misi selanjutnya anda yang akan berperan sebagai penyelamat tersebut.




gelap?, night vision selalu menemani anda


anda akan sering menemukan adegan sinematik seperti ini







namun pada campaign mode, sepertinya Medal Of Honor terlihat lebih ketat mengontrol permainan player. contohnya saja anda harus mendengarkan obrolan antar anggota squad yang menurut saya cukup lama, dan anda tidak dapat menggerakan karakter anda sama sekali ketika mendengarkan obrolan tersebut. namun, pada bagian tertentu, obrolan ini menjadi hal serius dalam keberhasilan anda menyelesaikan salah satu misi, jadi mau tidak mau anda harus mengerti apa yang mereka perintahkan. jika tidak, Ai/squad juga tidak akan bergerak jika anda tidak melakukan apa yang mereka suruh.








bermain sebagai marksman sepertinya dapat sedikit menghibur beberapa player



campaign mode dapat saya selesaikan dalam waktu kurang lebih 8 jam pada tingkat kesulitan normal, dan musuhnya masih terasa kurang menantang menurut saya. jika ingin menguji kemampuan anda sendiri, anda dapat memainkan mode Tier One, dimana pada mode ini anda akan bermain pada tingkat kesulitan yang lebih sulit dan menantang daripada di campaign mode. dalam mode ini anda akan dituntut untuk sebanyak-banyaknya melakukan headshot, Kill Streaks, ataupun melee kills dalam waktu yang sudah ditentukan. anda juga dapat mencatat rekor keberhasilan anda menembak musuh dalam jarak yang sangat jauh. semakin tinggi level yang anda lewati pada mode ini, semakin tinggi juga kesulitan yang akan anda dapatkan,  anda tidak akan cepat bosan memainkan mode ini.







Medal of Honor juga menggunakan engine yang sama seperti Battlefield : Bad Company 2, FrostBite 1.5. namun sayangnya efek environmental destruction hanya lebih banyak terlihat di mode multiplayer. kualitas grafik tidak diragukan lagi, sangat terlihat realistis ditambah animasi gerakan karakter yang lebih terlihat hidup dan tidak kaku, dan juga suara lingkungan sekitar yang menambah suasana lebih nyaman didengar. namun tetap saja saya masih menemukan bug yang lumayan mengganggu permainan, seringkali saya melihat karakter Ai (baik musuh ataupun teman squad) bisa berjalan menembus dinding atau bebatuan. saya juga beberapa kali stuck di beberapa misi, sehingga saya terpaksa mengulangi misi tersebut dari awal. untuk display graphic pun saya juga menemui bug yang sangat membuat kecewa, karena fitur anti-aliasing yang saya cari tidak dapat digunakan baik dari dalam game maupun dari VGA control panel, dan ternyata EA-DICE memang mengumumkan kalau fitur anti-aliasing pada Medal of Honor memang masih bermasalah. rencananya EA-DICE baru akan memperbaiki beberapa bug ini pada patch yang sedang dikembangkan oleh mereka.













menurut saya, medal of honor masih memiliki kekurangan dibandingkan dengan beberapa game yang memiliki genre yang sama. terutama untuk campaign mode, cerita yang ditawarkan memang kuat dan logis, namun player seolah-olah di-'kekang' dengan alur ceritanya. namun untuk mode lain seperti Tier One dan multiplayer, sepertinya hal ini yang membuat game ini masuk dalam daftar "wajib" dimainkan. Medal Of Honor memang menawarkan genre yang sudah tidak asing didengar, namun jika anda salah satu penggemar game yang menginginkan ke-'realistis'an, game ini sangat banyak membawa hiburan bagi anda.

PLUS dan MINUS:
+ story (campaign) cukup oke
+ fitur Tier One
+ kualitas grafik dan suara, dan juga animasi gerakan karakter yang sangat hidup
+ Ai lcukup pintar
- beberapa bug yang mengganggu sering muncul ketika bermain (ex. Ai menembus dinding)
- anti-aliasing tidak dapat diaktifkan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host