Juni 09, 2014

Etika Operator Warnet (Softskill Tugas 1) [Etika dan Profesionalisme TSI]








Warnet tempat interaksi antara pelanggan clinet yang membutuhkan jasa internet. dan warnet tempat yan gmenyediakan layanan internet tersebut dalam personal komputer. didalamnya terdapat banyak paketan harga dan juga personal billing. terdapat paket games dan paket internet di dalamnya. serta tidak jarang warnet juga berjualan makanan dan minuman untuk kebutuhan para pelanggan. Disni operator di tuntun melayani pelanggan dengan  baik dan ramah. terdapat dua paket yang ditawarkan operator pre paid. yang artinya membayar paket terlebih dahulu contohnya untuk paket games 15 ribu = 6 jam dia harus membyar kepada operator dulu yang nantinya diberikan password oleh operator untuk login. dan satunya pake personal yan gbiasanya hanya di gunakan untuk browsing sebentar biasanya di kenenkana biaya lebih mahal di bandingkan paket semisal 4ribu per jam tetapi mendapat bandwith kecepatan yang lebih di bandingkan games. disitu adalah tugas tugas menjadi profesi operator warnet. memiliki estekika melayani kepada pelanggan dan bukan pekerjaan formal dapat di lakukan secara paruh waktu dan juga mendapat upah yang relatif rendah kadang tidak mennetu. dan juga bila mendapat shift malam biasanya mendapat upah lebih tinggi di bandingkan shift pagi.

Dalam dunia usaha warnetpun memiliki beberapa etika yang harus dipenuhi agar manajemen di dalam warnet menjadi lenih baik dan teratur.
1. Para warnet diharuskan untuk bangun pagi dalam mencari rejeki agar usaha berjalan dengan lancar
2. Dalam usaha warnetl, dipegang oleh 1 boss dan minimal 2 operator warnet.
3. Untuk pembagian hasil biasanya sang boss dan pegawai melakukan pembagian dengan presentase 80:20 untuk keuntungan dari hasil harian bulanan.
4. Boss berhak memecat apabila para pegawai melanggar aturan di warnet berssangkutan(seperti menggelapkan uang setoran warnet)
5. Bos pun melakukan pembagian gaji setiap bulannya tergantung pendapatan dan sudah di potong oleh pinjaman pegawai kepada bos dalam pembagian gaji.

Source: Operator warnet
Teman Penulis
http://id.wikipedia.org/wiki/Warung_Internet
http://warnetforum.com/index.php?board=2.0
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101130231424AAzq7vk

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host